Politik    Pendidikan    Bisnis    Wisata    Liputan    Olah Raga    Kuliner    Infotaiment   
Home » » Penjelasan Kadis Pariwisata Pangandaran, Terkait Penurunan Jumlah Wisatawan

Penjelasan Kadis Pariwisata Pangandaran, Terkait Penurunan Jumlah Wisatawan


Jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata Pantai Pangandaran pada hari libur Idulfitri 1434 Hijriah mengalami penurunan. Hal itu jika dibandingkan dengan jumlah pengunjung Lebaran tahun lalu.
Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata, Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Pangandaran, Suheryana, jumlah kunjungan wisatawan memang mengalami penurunan, yakni sekitar 10 persen. “Jika dibandingkan dengan libur lebaran tahun kemarin, tahun ini memang ada penurunan sekitar 10 persen,” ucapnya, Minggu (11/8/2013).
Suheryana mengatakan, pada libur lebaran saat ini tercatat sekitar 90 ribu pengunjung. Atau menurun 10 ribu dari tahun sebelumnya yang mencapai 100 ribu pengunjung. “Jadi secara total memang mengalami penurunan dari tahun kemarin. Kami menduga banyak hal yang menyebabkan itu,” ujarnya.
Diungkapkan dia, penurunan tersebut banyak penyebabnya. Seperti dari kondisi jalan menuju Kabupaten Pangandaran yang masih jelek atau atau dalam tahap perbaikan.
Kemudian, libur sekolah sebelum bulan puasa kemarin. Sebab, pada saat itu banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pangandaran.
Lebih lanjut Suheryana mengatakan, wisatawan yang datang ke Pangandaran mayoritas turis domestik. Mereka tidak hanya ke objek wisata Pantai Pangandaran. “Mereka ada juga yang ke cagar alam, batu hiu, juga Batukaras,” ujarnya.
Untuk di Pantai Batukaras yang ada di Kecamatan Cijulang, lokasi objek wisata itu pun dipadati oleh wisatawan. Hampir seluruh tempat penginapan dipadati pengunjung. Juga lahan parkir pun penuh diparkiri kendaraan.
Begitu pun di Pangandaran. Sebagian besar tempat penginapan pun penuh oleh wistawan. Tidak hanya itu, antrean kendaraan yang hendak masuk ke dalam lokasi objek wisata Pantai Pangandaran mengalami kepadatan.
Diakui salah seorang wisatawan asal Kota Banjar, Muhendar (45) dirinya mengaku harus rela antri sekitar 30 menit hingga 45 menit untuk dapat masuk ke dalam Pantai Pangandaran. “Saya harus mengantri untuk dapat masuk ke dalam. Saya baru tahu kalau setiap libur lebaran antrian kendaraan panjang seperti ini,” ujarnya.
Dari pantauan, kendaraan yang hendak masuk ke dalam objek wisata Pantai Pangandaran memang mengalami peningkatan yang mengakibatkan terjadi antrean kendaraan. Tidak hanya sepeda motor, mobil pun mengantri.
Sementara itu, Asep Nurdin RA selaku Ketua Paguyuban Pemandu Wisata Pangandaran mengungkan hal serupa dengan Suheryana. Bahwa jumlah wisatawan mengalami penurunan pada libur lebaran tahun ini. “Memang mengalami penurunan. Namun demikian Pangandaran masih menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan waktu pada masa libur lebaran,” ucapnya.
Diakui Asep, Cagar Alam Pangandaran tetap menjadi tujuan wisatawan. Setelah menikmati keindahan pantai, mereka menurut Asep dapat merasakan kesejukan alam di cagar alam. 


Sumber pikiran rakyat

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 DetilNews.Com. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger