Politik    Pendidikan    Bisnis    Wisata    Liputan    Olah Raga    Kuliner    Infotaiment   
Home » » Beberapa Potensi Wisata Kota Banjar Perlu Mendapat Perhatian

Beberapa Potensi Wisata Kota Banjar Perlu Mendapat Perhatian

Kota Banjar merupakan sebuah kota kecil di ujung Timur Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Secara geografis, wilayah Kota Banjar terletak di jalur lalu-lintas nasional bagian Selatan sebagai pintu gerbang Provinsi Jawa Barat, yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan jalur lalu-lintas obyek wisata Pantai Pangandaran.
Kota ini terletak pada daerah segitiga emas, sehingga di beberapa daerah penyangga/hinterland, di pushsedemikian rupa agar dapat dijadikan sebagai magnet center yang mampu menjadi daya tarik orang untuk bisa beraktifitas pada daerah tersebut. Karena hal itu akan membangkitkan perekonomian masyarakatnya.

Sebagai daerah perlintasan arus barang dan manusia antar provinsi di Selatan pulau Jawa, wilayah geografis Kota Banjar memiliki peran strategis bagi kelancaran pasokan barang dari dan ke berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat maupun Jawa Tengah.
Dengan kondisi tersebut, maka setiap hari ruas-ruas jalan di Kota Banjar senantiasa dilintasi kendaraan pengangkut komoditas barang dan jasa, sekaligus pula arus mobilitas manusia antar wilayah.
Untuk itu, perlu dijaga dan diupayakan secara terus-menerus agar Kota Banjar senantiasa menjadi wilayah yang nyaman dan aman bagi semua penduduk yang melintas, maupun berniat singgah di Kota Banjar.
Kondisi alamnya yang masih asri, seperti adanya rest area dan ditunjang tempat wisata lainnnya yang dikelola dengan baik, tentunya akan semakin menarik minat pendatang untuk tidak hanya sekedar melintas, tetapi ikut pula menikmati potensi pariwisata di Kota Banjar yang sangat mungkin akan cepat berkembang.

Menurut Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kusmayadi, bahwa peningkatan kapasitas masyarakat destinasi pariwisata klester III Jawa Barat, dinilai penting dalam membuka peluang usaha yang menjanjikan.
“Menuju pembangunannya, diharapkan Kota Banjar dapat memperbanyak event yang menarik wisatawan, sesuai pedoman Sapta Pesona, yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keramahan dan kenangan,” kata Kusmayadi, saat berkunjung ke Kota Banjar beberapa waktu lalu.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika dan Pariwisata (Dishubkominfopar) Kota Banjar, Drs. Edi R Nurjaman, M.Si., menilai, Kota Banjar sebagai pintu gerbang menuju objek wisata Pantai Pangandaran, memang memiliki potensi wisata alam yang dapat dikembangkan untuk dijadikan sektor pariwisata.
Disamping sektor pariwisata, juga memiliki potensi lainnya yang bisa digali, mengingat peta geografis Kota Banjar sebagai wilayah perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.
Potensi alam yang bisa dioptimalkan untuk tujuan pariwisata diantaranya, Wana Wisata Situ Mustika di Purwaharja, kawasan Situ Leutik di Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Sungai Citanduy, dan Lembah Pejamben Santiong di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman sebagai area untuk wisata otomotif.
Selain itu, potensi lain yang bisa digali yaitu membangun kawasan ekowisata Batu Peti di Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, serta membangun desa wisata di Kampung Patrol, Desa Jajawar, Kecamatan Banjar.
Sedangkan, untuk wisata situs/sejarah yang dapat dikembangkan diantaranya Situs Rawa Onom/Pulo Majeti di Kel/Kec. Purwaharja, Situs Kokoplak di Kel/Kec. Pataruman, dan sebuah bangunan terowongan kereta api peninggalan zaman penjajahan Belanda di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman.
Untuk mengembangkan kepariwisataan di Kota Banjar, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP., M.Si., menegaskan, bahwa selain pemerintah, peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan. Peran serta masyarakat dalam mengembangkan kepariwisataan dan industri keratif yang berbasis home industry, adalah salah satu faktor pendukung pariwisata nantinya.
Adapun tempat wisata alternatif yang bisa dikunjungi jika singgah di Kota Banjar ini yaitu, wahana wisata air Banjar Water Park (BWP), lokasinya di Jl. Stadion Patroman. Selain murah meriah, wahana wisata air BWP juga tidak kalah menarik dengan wahana wisata air yang ada di kota-kota lain di Jawa Barat. 

sumber harapanrakyat

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 DetilNews.Com. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger