Politik    Pendidikan    Bisnis    Wisata    Liputan    Olah Raga    Kuliner    Infotaiment   
Home » » Trayek Pangandaran - Cianjur Jalur Pesisir Selatan Jabar Mulai Dihidupkan

Trayek Pangandaran - Cianjur Jalur Pesisir Selatan Jabar Mulai Dihidupkan



Jalan di sepanjang pesisir seletan Jawa Barat mulai dihidupkan. Sejak Februari tahun ini sudah ada Bis Damri jurusan Pangandaran - Sindangbarang, Kabupaten Cianjur yang beroperasi di jalur selatan. Sebanyak tujuh kecamatan di Kabupaten Garut dilalui trayek tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut, Wahyudijaya mengatakan saat ini baru dua unit Bis Damri yang beroperasi. Targetnya sebanyak delapan armada bis yang akan beroperasi di jalur selatan. Satu bis mempunyai kapasitas 55 tempat duduk. Trayek yang diaktifkan di jalur selatan tersebut merupakan kewenangan Dishub Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, warga di wilayah selatan sangat mengapresiasi adanya transportasi umum yang beroperasi di jalur selatan. Wahyudijaya menerangkan, saat ini tinggal melengkapi infrastrukturnya saja. "Nanti akan kami bangun subterminal yang rencananya ada di Kecamatan Cisewu," kata Wahyudijaya kepada Republika.co.id, Selasa (12/4).

Lahan seluas satu hektare telah disiapkan pihak Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. Pihaknya pun akan menyiapkan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk pembangunan subterminal tersebut di sana. Namun, anggaran yang disediakan secara bertahap. Sebab, dana yang ada juga terbatas.

Selain di Cisewu, sebenarnya sudah ada terminal di Kecamatan Pameungpeuk. Wahyudijaya mengatakan, hanya saja perlu ada pembenahan terminal di Kecamatan Pameungpeuk karena kondisinya kurang terawat. Menurutnya, idealnya ada tiga titik lokasi terminal yakni di Cisewu, Bungbulang dan Pameungpeuk. 

"Ketiga terminal itu bisa jadi titik pengumpan ke jalur Bis Damri," ujar Wahyudijaya.

Selain jalur yang telah ada, menurut Wahyudijaya perlu adanya pengembangan jalur lain. Pihak Damri pun telah meminta kepada Dishub untuk menyiapkan angkutan penumpang ke jalur yang dilintasi Bis Damri. Dishub Kabupaten Garut sudah memberikan penawaran ke para pengusaha angkutan. Jadi, nantinya jalur selatan bisa ramai sesuai keinginan pihak provinsi.

Wahyudijaya menambahkan, selain Bis Damri, pihak PO Budiman (Bis Budiman) juga telah membuka trayek di jalur selatan. Jurusannya Pangandaran - Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Saat ini sudah ada satu sampai dua Bis Budiman yang beroperasi di jalur pesisir selatan Jawa Barat.

Sumber : http://www.republika.co.id/

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 DetilNews.Com. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger